Standar Ukuran Lapangan Futsal



Lapangan futsal berbentuk persegi panjang. Permukaan lapangan harus rata dan tidak licin. Lantai lapangan futsal biasanya dilapisi dengan rumput sintetis atau dari kayu. Jangan menggunakan batu bata atau beton untuk lantai futsal karena akan berbahaya ketika terjatuh. lalu berapa ukuran dari lapangan futsal. Sebenarnya bisa dilihat dari gambar di bawah ini, namun supaya lebih jelas simak penjelasan berikut ini :

Panjang lapangan 25 – 42 meter, lebar lapangan 15 – 25 meter.
Lapangan ditandai dengan garis-garis yang berfungsi sebagai pembatas. Dua garis terluar yang lebih panjang disebut garis pembatas lapangan, dan dua garis yang lebih pendek disebut garis gawang.
Lebar seluruh garis adalah 80 cm.

Lapangan dibagi menjadi dua bagian pada bagian tengah lapangan. Titik tengah lapangan ditandai dengan sebuah titik. Titik tengah lapangan berada pada lingkaran tengah lapangan dengan radius 3 meter.

Daerah seperempat lingkaran di depan garis gawang memiliki radius 6 meter.
Titik penalti berada 6 meter dari titik tengah garis gawang.

Titik penalti kedua berada 10 meter dari titik tengah antara posisi tiang gawang vertikal.

Titik tendangan pojok memiliki radius 25 cm, di setiap sudut lapangan.
Ukuran gawangnya

Olah raga futsal pada saat ini memang sedang digemari oleh banyak orang. Karena inilah banyak orang yang membangun lapangan futsal untuk disewakan. Apa bila anda salah satumya yang ingin membangun lapangan futsal maka simaklah uraian di atas agar ukuran lapangan futsal yang anda buat sesuai dengan standar.

No comments:

Post a Comment