Guru Sebagai Inspirator Siswa



Tips menjadi guru yang menjadi inspirasi siswanya :
  •   Penampilan unik
Berpenampilan bukan berarti harus norak. Tapi sesuaikan dengan kepribadian anda. Mulai dari model rambut, cara berpakaian. Meski guru punya seragam formal, tetapi dengan sedikit perubahan bisa membuat sensasi dan aura yang berbeda.
  •   Ekspresi dan emosi
Hindari bersikap pasif apabila bertemu dengan siswa anda. Bolehlah sedikit caper asal tidak terlalu kelihatan sok akrab. Mungkin dengan senyum ceria, dan menggunakan bahasa yang layaknya anak muda gunakan pasti murid bisa lebih akrab. Jadi lebih bisa menjadi teman bagi muridnya.
  •   Jangan pernah anggap diri anda sebagai Guru
Anggaplah diri anda sebagai teman, sahabat , bahkan orang tua bagi siswa-siswi anda sehingga nanti akan menimbulkan stimulan respon yang positif dari peserta didik baik dalam pelajaran di kelas maupun di luar kelas.
  •  Up to Date terhadap informasi
Up to date terhadap hal-hal yang berkaitan dengan siswa anda, jangan menjadi KuPer (Kurang Pergaulan) karena Guru dimata siswa adalah sumber segala informasi sehingga bila seorang Guru tergolong KuPer maka rasa respect dan hormat siswa kepada Guru juga hilang.
  •  Penggunaan bahasa yang lugas dan jelas
Saat mengajar pastikan anda menguasai materi yang akan anda ajarkan, sehingga anda bisa lebih mengambil inti pelajaran dan bisa membuang suatu penjelasan yang mungkin bisa membuat siswa stress. Yang penting belajarlah berbicara sendiri tentang pelajaran anda sebelum pelajaran diajarkan. Jangan terlalu menggunakan bahasa yang formal terus, siswa-siswa gaul.
  •  Mengatasi murid nakal
Ini merupakan hal pokok terbesar dalam dunia pendidikan. Mengatasi siswa yang nakal dan pula kurang pinter. Hadapilah siswa tersebut tapi jangan dimarahi, dibiarkan, atau dipukul. Siswa juga manusia. Tanpa sadar Guru dulu juga pasti pernah nakal. Cara ngatasinnya kenali psikologis dan tingkah lakunya. Siswa nakal harusnya gunakan ‘ancaman’ ringan yang menimbulkan efek jera bagi siswa tersebut. Contoh : “hayooo, kerjain soal ini atau disuruh berdiri dihalaman beberapa waktu” naah siswa pasti tidak mau disuruh seperti itu lagi, Setelah itu dekati siswa tersebut dan ajarkan kembali materi secara perlahan. Pasti siswa tersebut lebih termotivasi.
  •  Tidak bersifat kaku dan otoriter
Dengan memberikan Reward and Puishment yang sesuai dengan kemampuan siswa. .Berikan penghargaan yang sederhana saja dan tidak berlebihan.
  •  Pemerataan kemampuan
Guru cenderung mendekati dan membanggakan siswa terpandai dan teraktif. Itu kesalahan umum guru. Dari semua siswa tentu ada yang aktif dan ada juga yang pasif, ada yang pintar dan ada yang kurang pintar. Ketahuilah bahwa tidak semua orang memiliki bakat dan kemampuan yang berbeda, sekalipun dalam suatu ruang pembelajaran yang sama. Berikan pendekatan pada siswa menengah kebawah dengan cara sering menunjuk untuk mengerjakan soal kedepan,  Meski tidak bisa tetap ajari pelan-pelan dan sabar. Siswa menengah kebawah yang pasif pasti lebih termotivasi apabila mereka dianggap ada. Yang pintar usahakan diminta bisa lebih berbaur dengan yang menengah kebawah dengan membuat kelompok belajar.
  •  Berikan materi pelajaran yang tidak membosankan
Terutama mengaitkan antara pelajaran dengan pengalaman sehari-hari sehingga peserta didik dapat mengerti bahwa materi yang dipelajarinya memang penting dan bermanfaat.
  •  Gunakan Model dan Media Pembelajaran yang bervariasi
Terutama yang berpedoman pada PAIKEM sehingga dapat memberikan suasana yang menyenangkan bagi siswa..
  •  Pengajaran Modern
Era sekarang sarat dengan perkembangan teknologi. Untuk itu alangkah baiknya jika di sekolah ada fasilitas, misalnya komputer/laptop, LCD proyektor gunakan sering-sering agar siswa lebih tertarik. Gunakan power point atau flash player. Sesekali siswa juga diminta untuk menggunakannya, ketika mempresentasikan laporan hasil diskusi stau penelitian. Dijamin siswa lebih senang dan lebih termotivasi.
  •  Motivasi
Berikan motivasi kepada siswa dengan kata bijak dan pengalaman dari tokoh yang awalnya bodoh tapi bisa menjadi seorang jenius.  siswa pasti tertarik, Cari dari berbagai sumber agar tidak bosan dan tidak kehabisan kata-kata

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment