JURUSAN DI SMK YANG HARUS DIKETAHUI


1. Teknik Otomotif
Di Jurusan Teknik Otomotif, akan dipelajari mesin-mesin otomotif hingga cara merakit alat transportasi seperti mobil dan motor. Lulusan jurusan Teknik Otomotif bisa ngerakit maupun modifikasi kendaraan. Bahkan juga bisa berprestasi membuat karya sendiri (Misalnya : mobil ESEMKA) atau bekerja di perusahaan otomotif.

2. Jurusan Broadcasting
Mirip dengan jurusan Multimedia, jurusan Broadcasting juga menjadi salah satu jurusan SMK yang menjanjikan. Kenyataan bahwa setiap hari media massa TV dan radio berkembang dengan pesatnya. Semua membutuhkan tenaga broadcaster yang professional. Di SMK diajarkan untuk membentuk tenaga kerja yang profesional. Lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di production house (PH) seiring banyaknya program TV.

3. Teknik Elektronika
Jika Jurusan Teknik Otomotif lebih banyak belajar tentang mesin kendaraan dan merakitnya, jurusan Teknik Elektronika mempelajari hal-hal yang berbau fisika seperti tenaga listrik dan elektromagnetik.
Berpeluang untuk menjadi teknisi elektro di berbagai bidang mengingat perkembangan teknologi elektronika semakin canggih seperti teknisi radar, navigasi, network system, teknisi telekomunikasi, dan masih banyak lagi. Lulusan Jurusan Teknik Elektronika juga bisa melanjutkan studi di perguruan tinggi untuk meningkatkan keilmuannya atau menjadi tenaga pendidik di bidangnya.

"Ingatlah, ketika kamu memutuskan berhenti untuk mencoba, saat itu juga kamu memutuskan untuk gagal"

4. Jurusan Pemasaran
Pemasaran dalam bahasa inggris adalah marketing. merupakan jurusan yang mempelajari basic menjadi seorang marketing. Di Jurusan Pemasaran akan mempelajari strategi pasar, kewirausaha, dan membaca peluang di dunia bisnis. Jurusan SMK Pemasaran juga akan langsung praktik ke lapangan. Bukan hanya dari tugas praktik kerja lapangan atau magang, dari Jurusan Pemasaran biasanya disediakan koperasi atau tugas-tugas praktik dalam menawarkan sebuah produk. Disini bukan kegiatan jual-beli sebagai sales, tapi bagaimana memikirkan strategi untuk menjual produk-produk. Prospek Jurusan Pemasaran bisa terjun ke dunia kerja sebagai seorang Marketing atau bahkan membuka usaha mandiri. Di era digital seperti saat ini pasar berkembang secara global dan sebagai lulusan Jurusan Pemasaran tentu bisa bersaing untuk mencari peluang di dunia bisnis, lebih-lebih pemasaran melalui online.

5. Jurusan Animasi
Di SMK jurusan Animasi akan mempelajari bagaimana cara membuat animasi, tentunya pembuatan animasi akan diajarkan dari tingkatan yang sederhana lebih dulu. Awalnya mempelajari basic animasi meningkat pembuatan animasi dengan peralatan canggih.
Prospek dari jurusan ini bisa melakukan praktik kerja lapangan sebagai animator. Dari praktik kerja lapangan ini, akan mendapatkan pengalaman kerja sebagai animator yang pada akhirnya memudahkan masuk di dunia kerja karena telah menguasai basic animasi atau melanjutkan kuliah jurusan Animasi.

6. Jurusan Multimedia
Di SMK jurusan Multimedia akan mempelajari seputar pengembanagn web, pengembangan multimedia, pengembangan permainan, hingga produksi sinema dan industri media.
Di jaman digital saat ini, jurusan Multimedia banyak dicari. Sebab hampir semua perangkat digital membutuhkan seorang multimedia.

7.  Jurusan Akuntansi
Jurusan ini dikhususkan bagi yang suka hitung-hitungan. Jurusan Akuntansi akan memberikan skill menghitung neraca sampai tata buku keuangan. Jurusan ini cocok bagi yang senang kerja kantoran dan menghitung keuangan.
Lulusan jurusan Akuntansi bisa bekerja di perkantoran pajak atau bagian keuangan perusahaan. Tentu setiap perusahaan membutuhkan ahli akuntan untuk mengurus keuangan. Jadi peluang kerjanya cukup besar dan tidak ada abisnya. Bagi yang mau ke perguruan tinggi, Jurusan Akuntansi digunakan sebagai dasar sebelum mengambil jurusan sesuaai yaitu manajemen.

8. Jurusan Administrasi Perkantoran
Jurusan ini dulu dikenal dengan jurusan Sekretaris dan berganti nama menjadi Administrasi Perkantoran. Jurusan Administrasi Pekantoran mempelajari hal-hal yang bersifat administratif seperti cara membuat surat, cara pengarsipan, sampai etika perkantoran.
Lulusan dari jurusan Administrasi Perkantoran bisa bekerja di berbagai aspek perusahaan sebagai tenaga administrasi atau sekretaris. Selain itu lulusan ini juga memiliki peluang di pemerintahan atau juga sekolah-sekolah.

9. Jurusan Farmasi
SMK jurusan Farmasi menjadi salah jurusan yang menjanjikan masa depan. Di jurusan ini dipelajari tentang bahan-bahan kimia hingga peracikan obat. Pada praktik kerja lapangan jurusan SMK Farmasi dapat berkontribusi pada Apotek ,Rumah Sakit, dan bisa juga di pabrik obat sesuai dengan jurusannya. Selain bisa melanjutkan ke perguruan tinggi dengan jurusan yang sesuai, bisa juga langsung terjung ke dunia kerja bidang farmasi.

10.  Jurusan Analisis Kimia
Di SMA ada jurusan IPA yang mempelajari Biologi, Fisika, dan Kimia. Di SMK ada jurusan analisis kimia. Di jurusan ini akan mempelajari mengenal zat-zat kimia dan bahayanya serta menganalisisnya. Di kelas 10 jurusan Analisis Kimia akan memulai pelajaran yang cukup rumit sebab tidak hanya fokus di Kimia, jurusan Analisis Kimia menitik beratkan pada perhitungan matematika dan hukum fisika. Lulusan Analisis Kimia sangat dibutuhkan di bidang pekerjaan yang berurusan dengan masalaah kimia. Mengingat jurusan ini belum banyak diterapkan di sekolah-sekolah, mengakibatkan lulusannya pun masih sangat sedikit.

11. Jurusan Tata Boga
Jurusan Tata Boga sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Jurusan ini bisa dikatakan cukup populer. Jurusan Tata Boga ini memiliki prospek yang sangat luas. Tidak hanya bekerja di restoran atau hotel sebagai juru masak, lulusan dari jurusan Tata Boga bisa berwirausaha dengan kemampuan keilmuannya.
Jika ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi, tentu saja pengalaman sebagai ahli Tata Boga di SMK akan sangat membantu diperguruan tinggi dengan jurusan serupa.

12. Tata Busana
Jika memperhatikan jurusan fashion design di universitas, jurusan Tata Busana juga mempelajari cara membuat pakaian. Di jurusan Tata Busana, akan dibekali cara menggambar, menggunting pola pakaian, memilih bahan hingga finishing menjadi pakaian jadi. Bagi yang tertarik untuk menjadi desainer dan mengambil kuliah fashion design, jurusan Tata Busana ini bisa menjadi landasan untuk melangkah ke tahap yang lebih tinggi.
Di jurusan ini bisa melakukan praktik kerja lapangan atau magang pada desainer, butik, bahkan di pabrik.

13. Jurusan Perhotelan
Di jurusan Perhotelan akan dipelajari seluk beluk pekerjaan di hotel tentang standar hotel dan pelayanan hotel. Tujuannya adalah untuk mencetak tenaga kerja hotel yang siap pakai dan mumpuni dari segi akademis maupun praktik. Lulusan jurusan Perhotelan bisa bekerja di hotel bintang 5 sampai yang standar internasional.

14. Jurusan Pariwisata
Jurusan Pariwisata termasuk jurusan yang sudah lama diterapkan di SMK. Jurusan ini mempelajari bagaimana cara memandu wisatawan hingga bahasa asing. Tidak hanya kaya pengetahuan tempat wisata di dunia, Jurusan Pariwisata juga mengajarkan bagaimana menjadi pribadi yang baik dan memiliki etika dalam melayani jasa pariwisata. Lulusannya bisa bekerja di Biro Perjalanan Umum, Perusahaan Penerbangan. Bandar Udara, tour guide, event organizer, bahkan Pramugari. Melanjutkan ke perguruan tinggi? Tentu bisa, yang penting sesuaikan jurusannya.

15. Jurusan Perbankan
Mirip dengan Jurusan Akuntansi, Jurusan Perbankan juga akan banyak mempelajari hitung-menghitung.
Bedanya jurusan perbankan akan lebih berkonsentrasi pada seluruh kegiatan yang berhubungan dengan bank seperti perhitungan uang, pembukuan, hingga dokumentasi.
Jurusan Perbankan ini selain bisa melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan jurusan yang sama tapi juga bisa langsung bekerja di bank-bank ternama karena telah memiliki basic dalam tugas-tugas perbankan.

Demikian, pengenalan jurusan-jurusan yang terdapat di SMK. Untuk nenilih jurusan yang tepat, silahkan pertimbangkan lebih dahulu bakat dan kemampuan yang dimiliki dan jenis jurusan yang ada di lingkungan masing-masing, karena tidak semua SMK atau daerah ada jurusan yang diinginkan. Sehingga, selesai di tingkat SMK tidak terjadi salah pilih jurusan, lebih-lebih bagi yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi demi masa depan yang cerah. Semoga sukses!.

No comments:

Post a Comment